"Ini Ceritaku, dan Cerita Teman-Temanku"

Powered by Blogger.
Saturday, March 24, 2012

Peluang Kerja Bagi Orang Desain

Banyak website yang menawarkan pekerjaan untuk desain grafis di internet dengan target market yang variatif. Job desain online ataupekerjaan desain grafis ini oleh beberapa kalangan desainer muda dan pemula dijadikan peruntung hidup meski hanya sekedar coba-coba dan berkreasi. Sementara itu bagi desainer grafis kawakan sudah tidak diragukan lagi ikut Andil dalam menelorkan kreasinya melalui website tersebut termasuk para desainer indonesia juga.

Orang-orang ini merasa bebas berkreasi meski apa yang dia hasilkan kurang menarik, terlihat kusam, kurang sesuai dengan brief dan permasalahan lainnya. Saya kagum dengan semangat mereka. Berusaha sepenuh hati untuk berkreasi, orang berkata apa itu nanti. Modus yang umum ditemui adalah ketika dianggap jelek dan kurang menarik malah dipilih atau diterima oleh klien; ini menjadi seperti pembuktian bahwa teori baik dan bagus adalah yang sesuai. Saya sendiri seringkali mendengar keluhan teman-tema, “wah desain saya jelek, kayaknya gak pantas dipamerkan“, ini lebih sebagai jawaban atas mereka yang masih merasa minder dengan ketidakmampuan. Just do it!



Kembali pada topik job desain, pekerjaan desain yang ditawarkan dalam website ini banyak yang berupa kompetisi, artinya banyak orang yang berlomba-lomba membuat satu projek untuk mendapatkan yang paling tepat dengan brief klien. Bayaran yang diterima biasanya berupa uang digital di paypal sehingga cukup mudah transaksinya, secara umum bayaran akan diterima tiga sampai tujuh hari setelah dinyatakan diterima. Berapa kita dibayar? Tergantung dari pemesan / klien menentukan diawal kompetisi tersebut, biasanya antara 50$ sampai 4000$. Itu semua juga tergantung dari jenis pekerjaan grafis yang dilakukan.
Jenis Pekerjaan
Pembuatan Logo
Pembuatan background twitter
Corporate identity
Tampilan website / web psd mockup
Pembuatan brosur
Rebranding
Pembuatan Business Card
Desain T-Shirt
Banner Ads
WordPress Theme
Desain Ikon
Desain Stationary
Pembuatan Review
Desain Video Illustrasi
Desain Presentasi
Desain Tombol Website
dan banyak lagi
Daftar Website

Dari sekian banyak website yang menawarkan pekerjaan desain grafis, saya pilihkan 8 website yang paling diminati karena kemudahan dan sistem yang memungkinkan benar-benar dibayar.

http://www.99Designs.com
Website ini paling banyak menuai kontroversi namun banyak diminati oleh desainer freelancer. Sistem yang ada pada 99designs cukup mudah dipahami disertai level keamanan (terbayarkan jika menang) lebih baik semenjak menuai banyak kritikan pada tahun 2008 lalu. Pekerjaan desain juga semakin menarik dan aman dari plagiarisme karena ada sistem yang memungkinkan hanya klien yang dapat melihat, artinya desainer yang berkompetisi tidak bisa melihat karya desainer lainnya selama kompetisi berlangsung sekitar satu mingguan. Kemudian, setelah ada pemenang barulah semua desain bisa dilihat antar desainer.

Pekerjaan desain yang ada cukup banyak sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi para desainernya. Sekaligus hal tersebut menjadi

http://www.peopleperhour.com
Hampir seperti namanya, pekerjaan akan dibayar lebih fair dengan hitungan jam meski ada beberapa pekerjaan yang fixed atau dibayar mingguan bahkan harian. Untuk segi jangka panjang, website ini lebih cocok dipilih karena juga ada term atau permintaan untuk jangka panjang jika klien menginginkan demikian. Sebaran pekerjaan sangat banyak, tidak untuk cuma desainer saja.

http://www.project4hire.com
Tempat nongkrongnya pada pekerja bebas alias freelance. Pasar freelance ini menawarkan berbagai kesempatan kepada kontraktor dan dengan demikian meminta mereka untuk membayar sejumlah kecil sebagai komisi ke situs teknologi, untuk pembayaran yang akan diberikan pada suatu proyek. Selain mudah digunakan juga platform besar untuk pos proyek dan tempat menemukan profesional freelance seperti coders, konsultan, desainer grafis, pengembang perangkat lunak.

http://www.logomyway.com
Untuk masalah logo website ini bisa menjadi Andalan karena berfokus pada pembuatanlogo saja sekaligus disertai logo shoecase yang lumayan.

http://logo.designcrowd.com/contests
Kontes atau kompetisi pembuatan logo pada website ini jarang dikenal secara luas oleh desainer Indonesia, boleh untuk dicoba-coba.

http://jobs.webdesignerwall.com/
Penyedia pekerjaan freelance yang dikelola oleh Wall Web Designer, di mana para profesional kreatif datang untuk mencari peluang kerja.Bila Anda posting pekerjaan Anda di sini, maka akan langsung ditampilkan di Wall Web Designer dan situs lain jaringan di mana desainer akan melihatnya. Karena posisis website yang kuat, Web Designer Wall muncul di banyak publikasi portal online dan desain.



http://www.mycroburst.com/contests

Kontes untuk desainer lainnya untuk pembuatan logo dengan pelayanan serta FAQ yang lengkap.

http://www.commarts.com/competitions/design
Mendukung subscribe atau pendaftaran untuk pelajar atau mahasiswa, demikian pula para pejuang desain otodidak serta professional desainer. Jenis pekerjaan desain disini cukup bayak dibandingkan dengan website lainnya dengan tingkat keamanan pembayaran yang bagus.

Namun sangat perlu diingat bahwa harga desain di internet adalah MAHAL, dan begitulah yang juga terjadi di dunia nyata. Jauh lebih mahal daripada apa yang ditawarkan pada serangkaian website di atas. Hal ini adalah cara website tersebut untuk mengkerdilkan peluang desainer untuk mendapatkan apa yang seharusnya (berdasarkan hak copyright dan spec work). Sekali lagi semua suka uang cepat dan cara cepat (apalagi di Indonesia yang bayaran perkapitanya lebih rendah). Terlebih bagi para desainer muda dan pemula yang berminat untuk membuat portofolio (yang menginginkan cepat dikenal). Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan uang bagi desainer grafis jauh lebih besar, sebaiknya hal ini saya pisah pada artikel berikutnya.

Tags :

Related : Peluang Kerja Bagi Orang Desain

1 komentar: