"Ini Ceritaku, dan Cerita Teman-Temanku"

Powered by Blogger.
Monday, July 9, 2012

MOA YOGYAKARTA

Untuk permulaan overclock  yang dibutuhkan adalah sebuah komputer dimana komponen-komponennya harus mendudukung fitur overclock contohnya seperti motherboard,ram, vga dan kalau untuk prosesor sendiri semuanya bisa di overclock.

Ada banyak merk dan tipe untuk motherboard, ram, vga yang diperjualkan di pasaran. Untuk Motherboad seperti  MSI dan sebagainya.Untuk VGA banyak sekali merk misal dari MSI, HIS,Saphire dan lain-lain. Tinggal anda yang menentukan untuk mengambil merk dan tipe apa.

Untuk Prosesor sendiri yang masih menjadi pergulatan di dunia overclocker adalah INTEL VS AMD ..mananih yang saya pilih buat overclocker bingung memilihnya, Ya tergantung anda sendiri juga kesenangan overclock sendiri-sendiri yang di cari para overclocker adalah bisa Optimalkan komponen VGA,Prosesor,RAM,Motherboad agar lebih stabil dan lebih cepat dari pabrikannya .

Kemaren saya mengikut workshop MOA 2012 di AMIKOM Ternyata sudah ada Mas Alva Jonathan selaku Pembicaranya  dan pemenang MOA 2012
saya terpesona melihat msi seri z77a- GD65 untuk komponennya saya suka yaitu military class 3 yang top quality dan stability dimana komponen tersebut sudah di uji extreme dan memiliki sertifikasi yaitu MIL –STD-810G komponen ini dirancang buat overclocker dan military class 3 ini terdapat 4 komponen yaitu:

1.       DrMOS II
DrMOS II ini memiliki double thelmal protection yaitu untuk menjamin durabilitas komponen dan mencegah komponen terbakar saat overclocking extreme karena pada saat titik tertentu DrMOS akan secara otomatis shutdown.

2.       HI-C CAP
H IC-CAP ini untuk menutupi kesalahan pada komponen yang rusak

3.       SFC        
Sfc (Super Ferrite Chok)ini adalah kumparan yang terdapat pada motherboard dan berfungsi untuk mendongkrak efisiensi daya

4.       Solid CAP
Sama sperti HI-C CAP dan ini bisa juga bisa memperpanjang ujia penggunaan.

Penampakan kardusnya dari depan                                   


















 Dari belakang



















Ini isi didalamnya


























Untuk pengujian kemaren saya menghadiri acara overclocker MSI di Jogja Tepatnya di STMIK AMIKOM  dengan spec komputernya :















Mobo MSI Z77A-GD65 
Proc Ivy Bridge i7 3770K
Ram Kingston hiper X 4GB
Hardisk WD Caviar Black 500GB
COOLER MASTER Pakai Thermaltake Frio Extreme
Vga NVIDIA MSI GTX 550 Ti


Penjelasan yang dikatakan mas Alva Jonathan: Mari kita simak
Untuk melakukan overclocking pada umumnya mengubah settingan di bios ataupun meggunakan utility dan di bawah ini komponen yang dapat di overclock

Untuk overclocking CPU  yang di ubah ada dua :
1.       Bus speed(FSB,BLCK,HTRref,dsb)
2.       Multiplier
Rumus kecepatan CPU= Bus Speed xCPU Multiplier
Ex: prosesor core i7 3770k defaultnya 3.6Ghz dengan Bus Speed 100Mhz, Multipliernya 35x
Untuk menjadika ke 4.2 Ghz kita tinggal rubah multiplier ke 42x
Jadi  (42x100)=4200Mhz (4.2Ghz)

Untuk overclock VGA biasanya menggunkan utility seperti Riva tunner,Ati Catalys,MSI Afterburner yang perlu di ubah diantaranya 
1.       GPU Clock atau nama lainya Core Clock
2.       Video Memory Clock
Ex: vga NVIDIA GTX 550 Ti memiliki GPU clock sebesar 900 Mhz dan video memorinya berjalan di 1025 Mhz kita bisa mengubah jadi GPU Clocknya jadi 1000Mhz dan Video Memorinya jadi 1150 Ghz. Biar tidak panas bisa tambahkan kipas biar dingin.

Untuk overclock RAM
Rumus kecepatan RAM=Bus SpeedxDRAM Multiplier
Ex: Misal sebuah Bus Speed memiliki 100 Mhz dan DRAM memiliki Multiplier 16x, Maka RAM pada Sistem akan berjalan di 1600Mhz. Selain setinggan ini ada 1 lagi yaitu RAM timing jika ini di rubah maka akan mempengaruhi badwith dan juga access time yang diberika oleh RAM.


Untuk Pengujiannya kita membutuhkan sebuah software dan software disini  berperan untuk membantu overclocking kita nanti contohnya:
1.       CPUZ, GPUZ, HW MONITOR dan lain-lain
2.       3DMark,SuperPI,Cinebench,AIDA64 Extreme
3.       LinkX,Prime95
4.       Untuk VGA :
a.       MSI After Burner
b.      AMD Catalys
c.       Riva Tunner
d.      dll


 Hasil overclcock Menggunakan OC Genie II




































Hasil render dengan Cinebench 11.5  




































hasil benchmark dengan aida 64 extreme testing cache dan memory



















Untuk kelebihannya sendiri  
1. Menu bios yang anut MSI seri Z77a-GD65 sangat mewah dari UEFI Interface sendiri sangat detail sekali tinggal anda oprek dan oprek hingga mendapatkan kecepatan maksimum yang stable.
2. Untuk update bios anda tinggal koneksikan ke internet dan tinggal di update melalu MENU UEFI bios. 
3. Untuk desain layout motherboadnya keren dengan perpaduan warna biru dan hitam dan jozz 
4. Bila takut untuk  overclocker sudah di sediakan tombol auto overclock dan meningkat sebesar 21% missal kecepatan awal 3.8 Ghz bila di oc auto menjadi 4.1 Ghz. 
5. Ada juga OC profil export ini adalah settingan yang di simpan di flashdisk dan kemudian bisa di share dengan teman overclocker. 
6. Untuk Settingan bios lewat under windows bisa menggukana CLIK BIOS  II. 
7. Komponen Motherboad  Military Class III




Oh ya teman-teman sekedar informasi saja bahwa teknologi dulu sama sekarang sudah beda arsitekturenya kalau yang mendasari adalah IMC nya (Integrated Memory Controler).

=> Pertama contohnya Core2Duo ini menggunakan FSB (front side bus) adalah   jalur transmisi data  antara chipset,prosesor dan memory. Untuk IMCnya sendiri menggunkan chipset X38, x48, P45 dan sebagainya. Untuk kecepatannya sendiri maksimal berkisar 1.6GT/s.
=>Kedua setelah core i7 lauching berubah menjadi QPI (Quich Path Interconnect) adalah kecepatan transmisi data dari prosesor ke chipset. Untuk IMCnya core i7 sudah dipindahkan pada Prosesornya jadi chipset secara teoritis dapat bekerja ringan dan lebih cepat karena tanpa melewati chipset(northbridge). Kecepatannya I7 ini lebih unggul yaitu 6.4 GT/s. 

 



Dan di bawah ini hasil OC saya tapi gak stable...
<object style="height: 390px; width: 640px"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/KsZ9QJgPhMc?version=3&feature=player_detailpage"><param name="allowFullScreen" value="true"><param name="allowScriptAccess" value="always"><embed src="http://www.youtube.com/v/KsZ9QJgPhMc?version=3&feature=player_detailpage" type="application/x-shockwave-flash" allowfullscreen="true" allowScriptAccess="always" width="640" height="360"></object>

Tags :

Related : MOA YOGYAKARTA

2 komentar: