"Ini Ceritaku, dan Cerita Teman-Temanku"

Powered by Blogger.
Tuesday, January 3, 2012

Review Software LibreOffice 3.4.3


Mamen sudah pernah mencoba menggunakan Ubuntu pasti terbiasa dengan aplikasi office dari OpenOffice.org. Namun semenjak Ubuntu 11.10, OpenOffice sudah tidak disertakan lagi. Sebagai gantinya, hadir aplikasi serupa, yaitu LibreOffice yang merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice.org yang tahun lalu diakuisisi Oracle.

LibreOffice hadir dalam satu paket aplikasi office yang terdiri dari 6 aplikasi terpisah. Di antaranya adalah Writer untuk menyunting dokumen (mirip Microsoft Word), Calc sebagai aplikasi lembar kerja (layaknya Excel), dan Impress yang dapat kamu gunakan untuk keperluan presentasi seperti halnya PowerPoint—hebatnya, aplikasi ini bisa diekspor ke format SWF sehingga bisa digunakan sebagai file animasi berbasis Adobe Flash. Base dibuat untuk menggantikan fungsi Access-nya Microsoft. Draw dibuat seperti Visio dan bisa dibandingkan dengan CorelDraw versi awal. Sedangkan Math berguna untuk membuat dan menyunting formula matematika menggunakan format XML.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah dukungan terhadap format ODF (Open Document File). Kamu juga bisa meng-ekspor-nya dari ODF ke format XML. Menyimpan  dokumen ke format PDF pun bisa dilakukan dengan mudah. Pun ia mendukung format dari Microsoft Office versi terbaru, yaitu docx. (Dayu Akbar)

Informasi

Situs web                               www.libreoffi%20ce.org
Ukuran file                            188MB
Lisensi                                    Gratis
Harga                                     -
Kebutuhan  sistem              Windows XP/2003/2008/Vista/7

Related : Review Software LibreOffice 3.4.3

0 komentar:

Post a Comment